Tuesday, August 14, 2012

Sekolah vs Kuliah


Alhamdulillah, ternyata ini pos kedua tahun ini. Kira-kira aku udah kemana aja selama setahun full sampai-sampai blog ini gak begitu keurus. Kuliah dong. Haha. Emang di dunia perkuliahan ngapain aja? Sesibuk itukah? Di pos ini aku belum akan cerita udah ngapain aja selama setahun awal di dunia perkuliahan. Aku pengen cerita dulu sedikit mengenai perbedaan sekolah dengan kuliah. Dunia sekolah dan kuliah itu bener-bener beda lho, guys. Buat yang baru mau kuliah kayaknya kudu baca ini deh biar gak kaget. Lumayan lah buat preparation. Gak baca yaa gak apa sih, biar kaya surprise gitu ntar. Haha. Buat yang udah mulai kuliah ngapain dong baca nih artikel? Buat bahan diskusi juga boleh kok. Ntar kalau ada beberapa hal yang kalian rasain di dunia kuliah tapi gak kalian rasain selama sekolah bisa ditambahkan via kolom comment. Sharing is caring, sharing is loving. Isn’t it? J
Okay, langsung ke inti permasalahan. Ini dia beberapa perbandingan antara dunia sekolah dan kuliah :
Yup, ini dia yang PERTAMA.
Kalo di sekolah, pada tiap jenjang kita bakal dapet wali kelas dan wali kelasnya gonta-ganti di tiap jenjang. Kalo di perkuliahan, yang ada dosen wali. Dosen wali kalo di tempat aku belajar kini, yakni Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Undip, tu megang 25 mahasiswa per angkatan. Dosen wali itu berlaku sampe aku lulus. Bayangin, apa gak bosen coba dosen walinya sama terus selama 3,5-4tahun. Ada untungnya sih, jadi benar-benar kenal kalo mau kenal. Kenapa ada kata kalo mau kenalnya? Haha.Gimana mau kenal coba? Mau ketemu aja sulitnya minta ampun. Udah gitu, kalo tiap angkatan megang 25mahasiswa, berarti tiap tahun itu si doswal megang 100mahasiswa. Bayangin coba!
Menurutku asyikan jaman sekolah. Wali kelas itu bener-bener deket dengan siswanya, bahkan kadang ada yang hampir mengenal tiap muridnya. Urusan nilai? Karena ibuku sendiri adalah guru dan pernah menjadi wali kelas, aku tahu betul bagaimana seorang wali kelas memperjuangkan nilai anak buahnya kalo ada yang gak tuntas atau jeblok. Wali kelas bakal nyepik ke guru bersangkutan agar nilai anak buahnya bisa dibantu. Ada komunikasi lah istilahnya antara wali kelas dengan murid, murid dengan guru, dan guru dengan wali kelas.
Kalo di dunia kuliah? Entah lah. Sepertinya si doswal gak ada campur tangan sama sekali dengan nilai mahasiswanya. Ohya, kalo di dunia kuliah, istilahnya bukan nilai melainkan IP atau Indeks Prestasi. Ada atau gak ada dosen wali kayaknya gak begitu kerasa efeknya terhadap IP. Sangat jarang atau bahkan hamper tak pernah ada yang bilang “Eh, Budi, dicariin dosen wali di ruang dosen.” Bersyukurlah kalian yang sekarang masih merasakan wali kelas. Tapi bukan berarti semua dosen wali gak punya inisiatif. Ada juga kok yang berinisiatif mengumpulkan mahasiswanya di acara silaturahim agar kenal atau paling gak tahu satu per satu mahasiswanya.
KEDUA
Tau BK kan? Aku sebenarnya juga lupa-lupa inget sih. Pokoknya, kao kan Badan Konseling ya Bimbingan dan Konseling. Nah, kalo jaman sekolah kita perlu bantuan apa aja yang ada hubungannya mengenai sekolah, kita bisa lari ke BK. Kalo di perkuliahan? Saranku sih, larilah pada Yang Maha Tahu J
       KETIGA
Ini juga salah satu yang penting. Di sekolah, paling gak selama satu tahun, kita bakal punya temen yang sama. Saat naik kelas, biasanya akan dirolling. Enaknya, di tiap jenjang kita bakal dapet temen yang bisa bener2 deket. Gak enaknya, untuk mengenal atau dikenal banyak orang, butuh aktualisasi diri macam jadi pribadi unik, aktif di organisasi atau rajin nyumbang piala buat sekolah. Pasti deh, cepet dikenal dan kenal banyak orang. Sistem belajarnya sendiri simple. Di tiap jenjang, kita gak kudu mikir pengen ambil mata pelajaran apa. Pokoknya ikuti deh tiap hari bakal dapet mata pelajaran apa aja.
Kalo di dunia perkuliahan? Ini dari pengalaman penulis aja sih. Tiap semester tu kita dibebasin milih mata kuliah yang disediakan. Mau ambil berapa mata kuliah dan pengen kuliah dengan dosen siapa dan jam berapa aja, kita bebas milih. Kita gak akan belajar macam di bangku sekolah yang masuk jam 7 pagi pulang jam 3 sore setiap Senin sampai Sabtu, melainkan BEBAS. Perkuliahan cumin hari Senin sampai Jumat. Asik dah. Contoh ni, berhubung bisa milih jadwal kuliah, Senin aku bikin masuk siang dan Jumat aku bikin libur. Jadi, weekendnya bakal lama banget dari Jumat sampai Minggu, plus, kalo Minggu capek, gak kudu berangkat pagi di hari Seninnya. Eits, tapi kadang gak gitu juga. Kita juga kudu pinter pilih-pilih dosen. Kenapa?
Dosen di dunia perkuliahan itu unik bahkan aneh, guys. Ada yang tiap di kelasnya rasanya kayak senam jantung, ada yang bisa ditinggal tidur, ada yang jarang masuk trus kalo masuk responsi, ada yang ngasih nilainya pelit nan saklek, ada pula yang rajin dating, njelasinnya enak dan kasih nilainya gak pelit. Nah, di sinilah letak persaingan tidak sehatnya. Kalo jaman sekolah kan “Posisi Menentukan Prestasi.” Kalo sekarang, “Koneksi Menentukan Prestasi.” Siapa yang koneksinya dewa dan bisa segera milih dosen, masa depan cerah sudah menanti. Tinggal bagaimana si mahasiswa mengejarnya. Haha. Kalo telat milih? Udah pasti, sisanya adalah dosen-dosen killers. Waspadalah!!!!!!!! Ohya, gimana dong, cara tahu dosen yang asik? Yaa, rajin-rajinlah bergaul dengan kakak angkatan.
Dengan sistem yang kayak begitu, kita bakal ketemu temen-temen yang berbeda di tiap kelas. Susah kan? Padahal, tiap kelas itu jumlah mahasiswanya antara 75 sampe 125! Kalo pengen punya temen barengan belajar, yaa kudu janjian sama temen kalian bakal milih dosen siapa aja. Dengan gitu, paling gak di tiap kelas ada yang bisa kita andalin. Sistem ini sebenarnya ada untungnya juga sih, dalam waktu satu semester, kita paling gak kenal banyak orang. Setidaknya tahu namanya lah buat nyapa biar gak dianggep songong. Haha
EMPAT
Tugas di dunia kuliah itu absurd men. Pokoknya dikumpulin, udah deh, aman. Kalo gak ngumpulin, kacau. Nilai bisa ancur. Absurdnya tugas di dunia perkuliahan adalah jarang dibahas dan kita gak tahu apa pekerjaan kita itu bener apa salah, nilainya juga gak tahu. Jadi kalo gak rajin-rajin belajar apalagi cumin jadi tukang nyonto tugas temen, aku rasa selama kuliah You’ll Never Learn a Thing. Keraaas!
Kadang ada yang bikin nyesek lagi. Udah capek capek bikin tugas dan setiap hari ada yang nyontek tugas kita, trus pas pengumuman nilai, nilai si tukang contek itu sama atau bahkan lebih tinggi dari kita. Parah!
Di dunia kuliah itu dosen udah independen. Gak ada interupsi BK, wali kelas, apalagi wakasek kurikulum. Terserah beliau mau kasih nilai berapa. Jadi, tipsnya bagi yang dibebaskan milih dosen, rajin-rajinlah berkomunikasi dengan kakak angkatan, rajin ngumpulin tugas, dan berdoa. Kadang ada dosen lucu juga soalnya, ngoreksi ujian gak liat jawabannya tapi liat seberapa penuh lembah jawabnya. Kalo penuh A, lumayan B, sedikit C. Fakta men! Udah dibuktiin dengan tanyak langsung ke yang dapet A ternyata dia gak paham apa-apa. Dia cuman nulis ulang soalnya -__-“
Waspadaalaaaah!!!!!!!
Itu dia sekelumit cerita tentang perbandingan sekolah dan kuliah. Sekali lagi, perbandingan ini ditulis dari pengalaman penulis. Semoga bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment